Tanya Jawab
Tabungan Panin
Tabungan Panin
Tabungan PSP
Tabungan MGM
Tabunganku
Tabungan Junior
Simpel
Tabungan Rencana
My Goal
RDN Panin
Pan Dollar
Deposito
Giro Valas
Tabungan MGM Grand

Apa saja persyaratan pembukaan rekening Tabungan Panin?

Persyaratan pembukaan rekening TabunganPanin dapat dilihat di sini

Berapa suku bunga Tabungan Panin?

Suku bunga TabunganPanin dapat dilihat di sini

Berapa biaya administrasi Tabungan Panin?

Biaya administrasi TabunganPanin dapat dilihat di sini

Berapa setoran awal Tabungan Panin?

Setoran awal Tabungan Panin dapat dilihat di sini

Apa saja benefit Tabungan Panin?

Benefit Tabungan Panin dapat dilihat di sini

Berapa minimum setoran awal untuk pembukaan rekening Tabungan Panin?

Setoran awal untuk membuka rekening Tabungan Panin dapat dilihat di sini

Apa yang spesial dari tabungan PSP Spesial?

Tabungan PSP Spesial ini dikatakan spesial karena dengan tabungan PSP ini nasabah mendapatkan hadiah langsung yang bebas dipilih oleh nasabah sesuai dengan nominal dan jangka waktu menabung yang tersedia, mendapatkan bunga bank, serta kesempatan menang undian Panin Super Bonanza.

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Kapan saya mendapatkan hadiah langsung dari Tabungan PSP Spesial?

Hadiah akan diterima maksimal 14 hari kerja setelah tabungan diblokir

Apa saja benefit Tabungan MGM?

Nasabah bisa mendapatkan cashback atas penempatan dana dalam jangka waktu tertentu pada TabunganPanin MGM. Banyak keuntungan lainnya dari TabunganPanin MGM yang dapat dilihat di sini.

Apa saja persyaratan pembukaan rekening Tabungan MGM?

Persyaratan pembukaan rekening TabunganPanin MGM dapat dilihat di sini.

Berapa setoran awal, suku bunga, dan biaya administrasi Tabungan MGM?

Setoran awal, suku bunga, dan biaya administrasi TabunganPanin MGM dapat dilihat di sini.

Apa yang dimaksud dengan Member, benefit Member, dan syarat Member?

Member adalah Nasabah PaninBank yang merujuk atau membawa teman, keluarga, kolega untuk bergabung dalam program TabunganPanin MGM.

Member bisa mendapatkan insentif atas Nasabah yang dirujuk jika Nasabah tersebut melakukan penempatan dana dalam jangka waktu tertentu di rekening TabunganPanin MGM. 

Syarat menjadi Member sangat mudah, hanya dengan membuka rekening Tabungan atau Giro Panin.

Selengkapnya

Apa saja persyaratan pembukaan rekening TabunganKu?

Untuk membuka rekening TabunganKu bisa dilihat di sini

Apa saja persyaratan pembukaan rekening Tabungan Junior?

Untuk membuka rekening Tabungan Junior bisa dilihat di sini

Apa saja persyaratan pembukaan rekening Simpanan Pelajar (SimPel)?

Untuk membuka rekening Simpanan Pelajar bisa dilihat di sini

Apakah saya bisa membuka Simpanan Pelajar di cabang?

Pembukaan Simpanan Pelajar hanya bisa dilakukan apabila ada kerjasama dengan sekolah

Apa saja persyaratan pembukaan rekening Tabungan Rencana?

Untuk membuka rekening TabunganRencana bisa dilihat di sini

Apa saja persyaratan pembukaan rekening My Goal?

Untuk membuka rekening My Goal dapat dilihat di sini

Apa yang spesial dari Tabungan RDN Panin?

Tabungan RDN Panin selain mendapatkan suku bunga yang menarik juga mendapatkan kesempatan memenangkan undian Panin Super Bonanza.

Bagaimana caranya saya dapat membuat rekening Tabungan RDN Panin?

Pembukaan rekening Tabungan RDN Panin dapat dilakukan dengan menghubungi Perusahaan Efek yang dipilih oleh nasabah bersangkutan dan selanjutnya Perusahaan Efek tersebut memproses pembukaan rekening di Bank Panin.

Apa saja benefit Pan Dollar?

Benefit PanDollar dapat dilihat di sini

Berapa setoran awal Pan Dollar?

Setoran awal PanDollar dapat dilihat di sini

Berapa jasa giro Pan Dollar?

Jasa Giro PanDollar dapat dilihat di sini

Mata uang apa saja yang ada pada produk Pan Dollar?

Ada 10 mata uang PanDollar, bisa dilihat di sini

Apa saja persyaratan pembukaan rekening Pan Dollar?

Persyaratan pembukaan rekening Pan Dollar dapat dilihat di sini

Apa saja persyaratan pembukaan rekening Deposito Panin?

Untuk membuka rekening Deposito Panin bisa dilihat di sini

Saya mau buka Giro Valas, bagaimana caranya?

Untuk membuka rekening Giro Valas bisa dilihat di sini

Apa saja benefit Giro Valas?

Benefit Giro Valas dapat dilihat di sini

Berapa setoran awal Giro Valas?

Setoran awal Giro Valas dapat dilihat di sini

Berapa biaya administrasi Giro Valas?

Biaya administrasi Giro Valas dapat dilihat di sini

Berapa jasa giro Giro Valas?

Jasa Giro Giro Valas dapat dilihat di sini

Mata uang apa saja yang ada pada produk Giro Valas?

Ada 11 mata uang Giro Valas, bisa dilihat di sini

Apa saja persyaratan pembukaan rekening Giro Valas?

Persyaratan pembukaan rekening Giro Valas dapat dilihat di sini

Bagaimana cara menjadi Member Tabungan Panin MGM Grand?

  • Member harus mempunyai rekening Tabungan Panin atau Tabungan Panin MGM atau Tabungan Panin MGM Grand.
  • Mendaftarkan rekening tersebut di Kantor Cabang PaninBank untuk mendapatkan MGMCode yang dapat digunakan sebagai kode Member.

Apakah untuk pendaftaran Member dikenakan biaya pendaftaran?

Untuk menjadi Member tidak dipungut biaya pendaftaran, hanya mendaftarkan rekening TabunganPanin atau TabunganPanin MGM atau TabunganPanin MGM Grand miliknya sendiri.

Apa saja keuntungan menjadi Member?

  • Member akan mendapatkan insentif untuk setiap penempatan dana Nasabah yang direferensikannya.
  • Mengikuti undian pada Program Panin Super Bonanza.

Kapan insentif untuk Member diberikan?

  • Perhitungan insentif untuk Member dilakukan dari tanggal 1 sampai dengan akhir bulan pada setiap bulannya.
  • Pembayaran insentif dilakukan tanggal 10 pada bulan berikutnya. Jika tanggal 10 adalah hari libur, maka insentif dibayar pada hari kerja berikutnya.

Apakah Member bisa mengikuti undian pada Program Tabungan Panin MGM Grand?

  • Member bisa mengikuti undian pada Program Tabungan Panin MGM Grand jika Member membuka Tabungan Panin MGM Grand dan melakukan blokir dana Rp1 miliar selama 12 bulan.
  • MGMCode tidak bisa digunakan untuk penempatan dana atas nama Member sendiri.

Apa bedanya undian pada Program Tabungan Panin MGM Grand dengan Program Panin Super Bonanza?

No.DetailTabungan Panin MGM GrandTabungan Panin Super Bonanza
1Peserta UndianNasabah yang blokir dana pada Tabungan Panin MGM GrandSeluruh nasabah yang memiliki TabunganRupiah atau GiroRupiah
2Perhitungan Poin10 Poin undian untuk setiap kelipatan blokir dana Rp1 Miliar selama 12 bulan1 Poin undian untuk setiap kelipatan saldo rata-rata bulanan Rp1 juta
3Pengundian HadiahSatu kali pada akhir periodeSetiap bulan

*S&K mengikuti ketentuan pada program Panin Super Bonanza yang berlaku.

Nasabah yang blokir dana pada Tabungan Panin MGM Grand bisa mengikuti program undian yang mana?

Nasabah yang melakukan blokir dana pada Tabungan Panin MGM Grand berhak mengikuti undian pada Program TabunganPanin MGM Grand dan juga Program Panin Super Bonanza.
 

Jika Nasabah melakukan pembatalan (break) atas blokir dana Rp1 Miliar tersebut, apakah tetap bisa mengikuti undian pada Program Tabungan Panin MGM Grand?

Atas program ini, Nasabah tidak diperkenankan melakukan pembatalan (break). Apabila terjadi pembatalan (break) Nasabah tidak berhak mengikuti undian pada Program Tabungan Panin MGM Grand.

Jika Member tidak melakukan blokir dana Rp1 Miliar selama 12 bulan, apakah masih bisa ikut program undian?

  • Member diikutkan dalam undian Program Panin Super Bonanza.
  • Pada Program Panin Super Bonanza, Member mendapatkan 1 poin undian untuk setiap kelipatan 1 juta dari dana yang diblokir oleh Nasabah yang dibawa.
  • Member akan tetap memiliki poin undian dari Nasabah yang dibawa selama jangka waktu blokir pada rekening Nasabah tersebut.
  • Ketentuan lainnya mengikuti ketentuan pada Program Panin Super Bonanza.
Kredit Express Panin
Kredit Express Panin
KPR Panin
Kartu Kredit

Bagaimana cara melaporkan Panin Kartu Kredit yang hilang/dicuri?

Jika Panin Kartu Kredit Anda hilang/dicuri segera hubungi CallPanin 24 jam di 1500678

Apa itu Point Reward Panin Kartu Kredit?

Setiap Anda belanja dengan menggunakan Panin Kartu Kredit Anda sebesar Rp25.000,- dan kelipatannya, Anda akan langsung mendapatkan 1 (satu) Point Reward Panin (Rp 25.000 = 1  Point). Jumlah Point Reward Panin yang Anda miliki akan tertera pada lembar tagihan Anda. Point Reward Panin dapat Anda kumpulkan untuk ditukar dengan Barang, Voucher, Mileage, Potongan tagihan dan Donasi. Point Reward Panin hanya berlaku untuk transaksi ritel baik di store maupun online.

Informasi selengkapnya di sini.

Apa saja fitur Panin Kartu Kredit?

Dengan Panin Kartu Kredit, Anda dapat menikmati fitur antara lain:

  • E-Statement
  • 3D Secure
  • Program Installment Retail (tidak berlaku untuk type Corporate)
  • Point Rewards (tidak berlaku untuk type Corporate)
  • Panin requent Flyer
  • Funtastic Bills
  • Gratis Asuransi Kecelakaan Perjalanan Udara
  • Airport Lounge (tidak berlaku untuk type gold)
    • Priority Pass (khusus type Infinite)
  • Global Customer Assistance Service (khusus type Infinite)

Bagaimana cara pembayaran tagihan Panin Kartu Kredit?

Anda disarankan untuk membayar tagihan Kartu Kredit sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda dan/atau biaya keterlambatan. Anda dapat membayar tagihan Panin Kartu Kredit melalui:

  • Kantor Cabang Panin Bank
  • E-Channel Panin Bank (ATM, Mobile Panin, Internet Banking Panin)
  • Transfer Via ATM Bersama / ALTO
  • ATM Bank CIMB Niaga, Maybank, Permata, BNI

Informasi pembayaran Panin Kartu Kredit AEON Anda dapat dilihat pada welcome pack saat Anda menerima kartu

Bagaimana Saya bisa meningkatkan limit Panin Kartu Kredit Saya?

Untuk mengajukan kenaikan limit Kartu Kredit silahkan hubungi CallPanin 24 jam di 1500678

Bagaimana cara mengajukan Kartu Kredit Tambahan?

Untuk mengajukan Kartu Kredit Tambahan silahkan hubungi CallPanin 24 jam di 1500678

Bagaimana cara mengaktifikasi Kartu Kredit Kredit Panin?

Siapkan Panin Kartu Kredit Anda yang belum diaktifasi, hubungi CallPanin 24 jam di 1500678

Bagaimana mengetahui status dari pengajuan Panin Kartu Kredit Saya?

Status pengajuan Panin Kartu Kredit Anda akan diinformasikan Bank Panin melalui SMS ke nomor ponsel Anda atau Anda dapat menghubungi Call Center Panin

Bagaimana cara Saya mengajukan Kartu Kredit Infinite?

Pengajuan hanya dapat dilakukan melalui Cabang Bank Panin dan pastikan Anda sudah menjadi Nasabah Prioritas Bank Panin

Bagaimana cara Saya mengajukan Kartu Kredit Platinum atau Gold?

Pengajuan dapat dilakukan melalui Cabang Bank Panin terdekat atau melalui link di sini

Apa saja syarat untuk mengajukan Kartu Kredit Infinite?

Sebelumnya pastikan Anda sudah menjadi Nasabah Prioritas Bank Panin dan syarat untuk mengajukan Kartu Kredit Infinite dapat dilihat di sini

Berapa lama proses pengajuan Panin Kartu Kredit?

Proses pengajuan pinjaman Panin Kartu Kredit akan di proses 5-7 hari kerja jika data dan dokumen yang di syaratkan lengkap

Apa saja syarat untuk mengajukan Kartu Kredit Gold?

Syarat untuk mengajukan Kartu Kredit Gold dapat dilihat di sini

Apa saja syarat untuk mengajukan Kartu Kredit Platinum?

Syarat untuk mengajukan Kartu Kredit Platinum dapat dilihat di sini

Informasi apa yang ditampilkan pada lembar tagihan?

Pada lembar tagihan, Anda mendapatkan informasi :

  • Rincian tagihan
  • Tanggal jatuh tempo
  • Total tagihan
  • Total pembayaran minimum
  • Sisa kredit limit
  • Informasi point reward
  • Informasi Penting terkait Panin Kartu Kredit
  • Merchant Promo

Kapan Saya akan menerima lembar tagihan?

Anda akan menerima lembar tagihan pada setiap tanggal penagihan yang tertera pada welcome pack saat Anda menerima kartu, atau Anda dapat menghubungi CallPanin 24 jam di 1500678 tanggal penagihan Kartu Kredit Anda

Apa saja syarat untuk menikmati fasilitas airport Lounge?

Bagi Anda pemegang kartu type Platinum, Corporate dan Infinite, Anda dapat menikmati gratis layanan Airport Lounge di di beberapa Bandara terpilih dengan ketentuan:

  • Kartu aktif tidak dalam kondisi block
  • Hanya berlaku bagi pemegang kartu baik utama maupun tambahan
  • Maksimal 4 kali dalam sebulan dan 1 kali dalam sehari

Apa yang Saya lakukan jika ada perubahan atas informasi data pribadi Saya?

Untuk perubahan atas informasi data pribadi Anda, silahkan hubungi CallPanin 24 jam di 1500678

Bagaimana cara saya mendapatkan Kartu Priority Pass?

Priority Pass adalah fasilitas ekslusif untuk Pemegang Kartu Infnite, Anda silahkan hubungi CallPanin 24 jam di 1500678 untuk permohonan Kartu Priority Pass

Kapan Saya harus melakukan pembayaran Cicilan Kredit Express Panin?

Tanggal pembayaran jatuh tempo pinjaman Kredit Express Panin adalah sama dengan tanggal pencairan pinjaman Anda. Anda dapat menemukan informasi tanggal jatuh tempo pada surat Welcome Pack yang dikirimkan Bank Panin kepada Anda

Bagaimana Saya melakukan pembayaran cicilan Kredit Express Panin?

Pembayaran Kredit Express Panin dilakukan melalui autodebet rekening Panin setiap bulannya.

Bagaimana cara menghitung cicilan pinjaman Kredit Express Panin?

Perhitungan cicilan pinjaman Kredit Express Panin dapat dilihat di sini

Bagaimana mengetahui status dari pengajuan Kredit Express Panin Saya?

Status pengajuan Kredit Express Panin Anda akan diinformasikan Bank Panin melalui SMS ke nomor ponsel Anda atau Anda dapat menghubungi Call Center Panin

Bagaimana cara Saya mengajukan pinjaman Kredit Express Panin?

Pengajuan dapat dilakukan melalui Cabang Bank Panin terdekat atau melalui link di sini

Apa saja syarat untuk mengajukan Kredit Express Panin?

Syarat untuk mengajukan Kredit Express Panin dapat dilihat di sini

Berapa suku bunga serta biaya dari Kredit Express Panin ?

Suku bunga serta biaya dari Kredit Express Panin dapat dilihat disini

Apa itu Kredit Express Panin?

Kredit Express Panin adalah merupakan produk pinjaman tanpa jaminan (KTA) dari Bank Panin yang dapat diperoleh dengan cepat dan mudah. Dana pinjaman dapat digunakan untuk tujuan multiguna seperti pendidikan, pernikahan, renovasi rumah, pembelian perabot/furniture, pembelian kendaraan, liburan, dan tujuan lainnya.

Bagaimana jika Saya tidak atau kurang dalam melakukan pembayaran cicilan?

Apabila Anda tidak melakukan pembayaran penuh cicilan,  Anda akan dikenakan biaya keterlambatan yang akan ditagihkan pada tagihan bulan depan. Hal ini dapat berpengaruh pada kualitas kredit dan status kolektibilitas kredit pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apakah Saya bisa melakukan pembatalan pinjaman atau pelunasan dipercepat?

Ya, pembatalan pinjaman dan pelunasan dipercepat bisa dilakukan dengan cara menghubungi Cabang pembukaan rekening Anda atau Call Center Panin. Proses ini akan dikenakan biaya tambahan yaitu biaya pembatalan pinjaman atau biaya pelunasan dipercepat.

Bagaimana jika tanggal jatuh tempo jatuh di akhir pekan atau tanggal libur nasional?

Apabila tanggal jatuh tempo jatuh di akhir pekan atau tanggal libur nasional maka secara otomatis pendebetan akan dilakukan 1 hari sebelumnya pada hari kerja, sebagai contoh:

  1. Tanggal jatuh tempo tanggal 12 yang jatuh di Hari Minggu, Maka pendebetan akan dilakukan pada tanggal 10 yang jatuh di hari Jumat.
  2. Tanggal jatuh tempo tanggal 12 yang jatuh di Hari Selasa dimana merupakan hari libur nasional, Maka pendebetan akan dilakukan pada tanggal 11 yang jatuh di Hari Senin.

Bagaimana cara menghitung cicilan KPR dan KPR X-TRA?

Simulasi cicilan KPR dan KPR X-TRA dapat dilihat disini

Bagaimana caranya saya dapat mengajukan KPR dan KPR X-TRA?

Ajukan permohonan KPR dan KPR X-TRA secara online disini atau segera kunjungi kantor cabang Panin terdekat

Apa itu produk KPR dan KPR X-TRA?

Produk KPR adalah fasilitas kredit perorangan dengan tujuan untuk pembelian properti berupa rumah, apartemen, ruko, atau rukan. 

Produk KPR X-TRA adalah Fasilitas refinancing dengan jaminan rumah, ruko, rukan, apartemen dengan tujuan penggunaan untuk renovasi, konstruksi, dan pembelian Rumah, Ruko, Rukan, Apartemen, atau Kavling dalam kompleks Developer yang belum dapat dijaminkan.

Berapa bunga KPR dan KPR X-TRA?

Bunga KPR dan KPR X-TRA dapat dilihat disini

Apa saja persyaratan dokumen untuk KPR dan KPR X-TRA?

Persyaratan dokumen KPR dan KPR X-TRA dapat dilihat disini

Berapa batas usia untuk dapat mengajukan KPR dan KPR X-TRA?

Batas usia untuk dapat mengajukan KPR adalah usia minimum sudah cakap menurut hukum sesuai dengan UU yang berlaku atau sudah menikah dan usia maksimum adalah 55 tahun untuk karyawan.

Batas usia untuk dapat mengajukan KPR X-TRA adalah usia minimum sudah cakap menurut hukum sesuai dengan UU yang berlaku atau sudah menikah dan usia maksimum adalah 60 tahun untuk profesional atau wiraswasta.

Bancassurance
Bancassurance
Reksa Dana
SBN Ritel
SBN Pasar Sekunder

Apa yang dimaksud dengan Bancassurance?

Aktivitas kerja sama antara Perusahaan Asuransi dengan pihak Bank dalam rangka memasarkan Produk Asuransi melalui Bank.

Apa saja jenis-jenis Bancassurance?

Jenis-jenis Bancassurance dapat dilihat disini

Bagaimana saya dapat membeli produk-produk Bancassurance yang dipasarkan di PaninBank?

Produk dapat diperoleh melalui cabang PaninBank terdekat.

 

Bagaimana cara pengajuan klaim atas produk Asuransi yang saya miliki?

  • Tertanggung / Pemegang Polis melaporkan kepada Pihak Asuransi
  • Masing-Masing jenis Asuransi terdapat ketentuan periode waktu pelaporan untuk Klaim Asuransi
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan oleh Perusahaan Asuransi
  • Jika dokumen telah sesuai dengan ketentuan Perusahaan Asuransi, selanjutnya Pihak Asuransi akan membayarkan pertanggungan kepada Tertanggung / Pemegang Polis.

Berapa lama pengajuan Asuransi diproses oleh Pihak Asuransi?

Jika pengajuan sesuai dengan ketentuan dari Pihak Asuransi, maka pada hari yang sama Pihak Asuransi akan menerbitkan polis dan dikirimkan langsung kepada Nasabah (jika pengajuan dilakukan melalui Internet Banking / Mobile Banking).

Biaya apa saja yang dikenakan untuk transaksi produk Asuransi?

Pengenaan biaya disesuaikan dengan masing-masing produk yang diambil

Reksa Dana apa saja yang ditawarkan di Panin Bank ?

Panin Bank bekerja sama dengan 2 (dua) Manajer Investasi (MI) yaitu Panin Asset Management (PAM) dan Bahana TCW Investment Management.
Produk yang ditawarkan dari masing-masing MI yaitu PAM sebanyak 5 produk dan Bahana TCW sebanyak 4 produk.

Berikut produk - produk nya :
PAM : Panin Dana Utama Plus 2, Panin Dana Prioritas, Panin Dana Unggulan, Panin Dana Prima, dan Panin Dana Maksima.
Bahana TCW : Ganesha Abadi kelas G, Ganesha Abadi kelas D, Bahana Dana Infrastruktur, dan Bahana Dana Ekuitas Prima.

Selengkapnya

Apa bukti kepemilikan Investor atas Unit Penyertaan Reksa Dana ?

Investor akan memperoleh Konfirmasi Transaksi Unit Penyertaan Reksa Dana atas transaksi pembelian, penjualan, dan pengalihan yang dilakukan, serta dokumen laporan bulanan.

*Dokumen konfirmasi transaksi dan laporan bulanan dapat diakses oleh investor melalui website AKses KSEI (https://akses.ksei.co.id).
*Untuk dapat mengakses website AKses KSEI, Investor harus mendaftarkan alamat email pada saat pertama kali melakukan transaksi reksa dana di PaninBank.

Berapa lama dana hasil penjualan (redemption) Reksa Dana akan diterima di rekening tabungan Investor?

Dana hasil penjualan (redemption) akan diterima di rekening tabungan investor makimum 7 hari kerja sejak transaksi penjualan dilakukan sesuai dengan prosedur dan Cut-Off Time (COT) transaksi yang berlaku.

Bagaimana persyaratan untuk melakukan pengalihan (switching) Reksa Dana melalui Kantor Cabang Panin Bank ?

Berikut persyaratan untuk melakukan penjualan (switching) Reksa Dana melalui Panin Bank :

  1. Membawa Kartu Identitas yang masih berlaku (E-KTP bagi WNI dan Passport/KIM/KITAS/KITAB bagi WNA)
  2. Mengisi formulir pengalihan Reksa Dana dan surat pernyataan Reksa Dana.


*Investor dapat melakukan pengalihan Unit Penyertaan Reksa Dana yang dimiliki baik sebagian maupun seluruhnya (all units).
*Investor hanya dapat melakukan pengalihan ke produk yang memiliki Manager Investasi dan Bank Kustodian yang sama.
*Seluruh dokumen yang telah dilengkapi akan diproses oleh Staf Panin Bank sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Bagaimana persyaratan untuk melakukan penjualan (redemption) Reksa Dana melalui Kantor Cabang Panin Bank ?

Berikut persyaratan untuk melakukan penjualan (redemption) Reksa Dana melalui Kantor Cabang Panin Bank :

  1. Membawa Kartu Identitas yang masih berlaku (E-KTP bagi WNI dan Passport/KIM/KITAS/KITAB bagi WNA)
  2. Mengisi formulir penjualan Reksa Dana


*Seluruh dokumen yang telah dilengkapi akan diproses oleh Staf Panin Bank sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Bagaimana persyaratan untuk melakukan pembelian (subscription) Reksa Dana melalui Kantor Cabang Panin Bank ?

Berikut persyaratan untuk melakukan pembelian (subscription) Reksa Dana melalui Kantor Cabang Panin Bank :

  1. Memiliki Rekening Tabungan di Panin Bank
  2. Membawa Kartu Identitas yang masih berlaku (E-KTP bagi WNI dan Passport/KIM/KITAS/KITAB bagi WNA)
  3. Mengisi formulir pembelian Reksa Dana, Surat pernyataan Reksa Dana dan Profil Resiko secara lengkap


*Seluruh dokumen yang telah dilengkapi akan diproses oleh Staf Panin Bank sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Bagaimana cara untuk melakukan transaksi Reksa Dana di Panin Bank?

Transaksi Reksa Dana di Panin Bank dapat dilakukan melalui Kantor Cabang Panin Bank yang melayani transaksi Reksa Dana

Apakah Rekening Gabungan dapat digunakan untuk transaksi Reksa Dana ?

Rekening Gabungan baik "AND" ataupun "OR" tidak dapat digunakan untuk transaksi Reksa Dana.

Apakah transaksi Reksa Dana dapat dilakukan dengan menggunakan rekening tabungan yang bukan milik Investor?

Investor yang ingin melakukan transaksi Reksa Dana harus memiliki rekening di Panin Bank atas nama Investor sendiri (tidak dapat menggunakan rekening orang lain).

Apakah saya dapat melakukan transaksi Reksa Dana setiap saat?

Transaksi Reksa Dana hanya dapat dilakukan pada Hari Kerja Bursa (Senin - Jumat) sebelum Cut Off Time Pkl. 12.00 WIB)

Apakah transaksi Reksa Dana dikenakan biaya ?

Ya, transaksi Reksa Dana dikenakan biaya transaksi.

Biaya transaksi yang berlaku adalah sesuai dengan ketentuan masing-masing produk. Terdapat 3 jenis biaya transaksi :

  1. Subscription Fee/Biaya Pembelian : Biaya yang dikenakan pada saat pembelian Reksa Dana.
  2. Redemption Fee/Biaya Penjualan : Biaya yang dikenakan pada saat penjualan Reksa Dana.
  3. Switching Fee/Biaya Pengalihan : Biaya yang dikenakan pada saat pengalihan dari satu produk Reksa Dana ke produk Reksa Dana lainnya yang dikelola oleh Manajer Investasi yang sama.

Apakah yang dimaksud dengan Cut Off Time (COT) ?

Cut Off Time merupakan batas waktu bagi Investor untuk melakukan transaksi Reksa Dana pada setiap Hari Kerja Bursa.

Bagaimana langkah untuk melakukan pendaftaran akun pada AKses KSEI ?

Investor membuka website AKses KSEI yaitu https://akses.ksei.co.id, setelah itu klik tombol “Daftar”.

Investor akan diminta untuk melengkapi data yang dibutuhkan untuk pendaftaran , yaitu :

  • Nama
  • NIK
  • Nomor Handphone
  • Alamat Email (sesuai yang didaftarkan di PaninBank)


Petunjuk lengkap mengenai cara pendaftaran juga tersedia di website KSEI.

Apakah SBN Ritel dapat diperdagangkan di pasar sekunder?

Untuk ORI dan SR dapat diperdangkan di pasar sekunder. Sedangkan untuk SBR & ST tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder.

Berapa persentase pajak yang dikenakan atas kupon SBN Ritel?

Pajak atas kupon dari SBN Ritel sebesar 15%.

Apakah aman berinvestasi pada SBN Ritel?

Berinvestasi di SBN Ritel aman karena pokok dan kupon dijamin oleh undang - undang.

Berapa lama tenor atau jatuh tempo SBN Ritel?

Untuk produk ORI dan SR memiliki tenor selama 3 tahun, sedangkan untuk SBR dan ST memiliki tenor selama 2 tahun.

Jenis kupon apakah yang berlaku pada SBN Ritel?

Untuk produk ORI dan SR nasabah akan mendapatkan jenis kupon tetap sedangkan untuk SBR dan ST menggunakan sistem kupon mengambang dengan kupon minimal.

Berapa nominal maksimum SBN Ritel yang dapat dimiliki oleh nasabah untuk setiap seri SBN Ritel?

Nominal maksimum SBN Ritel yang dapat dimiliki 1 nasabah adalah Rp. 3.000.000.000,- (Tiga Milyar Rupiah) untuk setiap seri SBN Ritel.

Berapa nominal minimum pemesanan SBN Ritel?

Nominal minimum untuk pemesanan SBN Ritel adalah Rp.1.000.000,- (Satu Juta Rupiah).

Apa saja produk yang termasuk SBN Ritel Syariah?

Yang termasuk SBN Ritel Syariah adalah Sukuk Ritel (SR) dan Sukuk Tabungan (ST)

Apa saja produk yang termasuk SBN Ritel konvensional?

Yang termasuk SBN Ritel konvensional adalah Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Savings Bond Ritel (SBR)

Apa saja produk yang termasuk SBN Ritel?

Produk yang termasuk SBN ritel yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Negara Ritel (SR), Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST).

Selengkapnya

Apa saja produk SBN Pasar Sekunder yang ditawarkan di PaninBank?

Produk SBN Pasar Sekunder yang ditawarkan PaninBank yaitu diantaranya FR, PBS, INDON, dan INDOIS.

Selengkapnya

Persyaratan dokumen untuk membeli SBN Pasar Sekunder melalui Kantor Cabang Panin Bank?

Dokumen yang diperlukan untuk membeli SBN Pasar Sekunder :

  1. Aplikasi Pembukaan Rekening Surat Berharga
  2. Perjanjian Kustodian
  3. Profil Risiko Nasabah
  4. Kartu Contoh Tanda Tangan
  5. Surat Pernyataan
  6. Formulir Transaksi Surat Berharga
  7. Bond Confirmation
  8. Instruksi Penerimaan Surat Berharga

Bagaimana cara untuk melakukan transaksi SBN Pasar Sekunder di Panin Bank?

Transaksi SBN Pasar Sekunder di Panin Bank dapat dilakukan melalui Kantor Cabang Panin Bank.

Berapa minimum pembelian Obligasi SBN Pasar Sekunder di Panin Bank?

Minimum pembelian SBN Pasar Sekunder di Panin Bank yaitu :

  1. Untuk SBN mata uang Rupiah : Rp. 1.000.000.000 (Satu Milyar Rupiah)
  2. Untuk SBN mata uang Dollar   : USD 200.000 (Dua Ratus Ribu US Dollar)
ATM
ATM
CallPanin
Mobile Banking
Internet Banking
e-cashPanin
QRIS
Debit Panin

Apa kiat agar transaksi pembayaran tagihan bisa berjalan lebih lancar ?

Dalam melakukan pembayaran tagihan sebaiknya dilakukan tidak pada hari hari terakhir batas waktu pembayaran (due date). Karena pada periode ini transaksi sangat tinggi.

Apa saja fitur/layanan ATMPanin saat ini?

Saat ini di ATMPanin sudah tersedia lebih dari 100 fitur/layanan, seperti:

  • Penarikan Tunai
  • Informasi Rekening Tabungan, Giro, Kartu Kredit
  • Transfer Antar Rekening Panin Bank dan Antar Bank
  • Pembayaran Tagihan Rutin (Listrik, Telepon / HP, Kartu Kredit, PAM, Pajak, Asuransi, Angsuran / Pinjaman, TV Kabel, Internet, Tiket Pesawat, Top Up Uang Elektronik, dll)
  • Pembelian Voucher Handphone (Telkomsel (Simpati / Kartu As, XL / Axis, Indosat Ooredoo, SmartFren, 3)
  • Mini Statement / Cetak 7 Transaksi Terakhir
  • Registrasi e-banking : SMS Alert, InternetPanin, MobilePanin
  • e-cashPanin: Tarik Tunai Tanpa Kartu dan Top Up

Apa yang bisa dilakukan bila pada saat melakukan transaksi pembelian pulsa, transaksi berhasil rekening didebet namun pulsa belum bertambah?

Nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 atau datang ke Cabang Panin terdekat.

Apa yang dapat dilakukan apabila mendapatkan ada mesin ATM yang tidak beroperasi?

Bisa melaporkannya ke CallPanin 1500678.

Apa yang dilakukan bila pada transaksi yang dilakukan terjadi masalah, misalnya rekening terdebet uang tidak keluar, atau keluar sebagian?

Lapor segera ke CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) atau ke cabang Panin terdekat, dengan menyampaikan data terkait.

Bagaimana kiat aman bertransaksi ATM?

  • Senantiasa jaga kerahasiaan PIN ATM anda dan tutupi jari anda dengan tangan pada saat input PIN di ATM
  • Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing / kabel yang tidak wajar.
  • Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi
  • Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
  • Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
  • Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
  • Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka.
  • Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang Panin. Apabila petugas cabang Panin tidak ada segera hubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) dan minta kartu agar diblokir.

Kenapa pada awal bulan beberapa transaksi pembayaran tagihan tidak dapat dilakukan?

Karena pada saat itu data tagihan dari Operator/Biller belum tersedia.

Bagaimana cara mengetahui lokasi ATMPanin?

Dapat menanyakannya ke Cabang Panin, CallPanin 1500678, atau lihat di website Panin Bank.

Apabila resi/struk transaksi di mesin ATM habis, apakah nasabah masih bisa melakukan transaksi?

Tidak dapat.

Bila uang di mesin ATM habis, apakah mesin masih bisa digunakan bertransaksi?

Masih, untuk transaksi-transaksi non tunai.

Berapa jumlah maksimal satu kali penarikan di ATMPanin?

Transaksi penarikan maksimal per penarikan adalah :

Rp.1.500.000,- pada ATMPanin dengan denominasi Rp.50.000,- atau Rp.100.000,-

Apakah di ATMPanin dapat melakukan transfer BI Fast?

ATMPanin dapat melakukan tranfer BI Fast dengan bank koreponden yang telah bergabung dengan Jaringan BI Fast.

Apakah kartu dari bank lain dapat digunakan di ATMPanin?

ATMPanin dapat digunakan oleh :

  • Seluruh Kartu DebitPanin untuk semua layanan transaksi
  • Kartu Kredit Panin untuk tarik tunai dan inquiry tagihan
  • Kartu dengan logo GPN untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan GPN
  • Kartu dengan logo ATM Bersama untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan ATM Bersama
  • Kartu dengan logo Prima untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan Prima
  • Kartu dengan logo ALTO untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan ALTO
  • Kartu dengan logo MasterCard/Cirrus untuk tarik tunai dan informasi saldo

Apakah dapat melakukan reset Password / PIN MobilePanin dan InternetPanin melalui CallPanin?

Ya, nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) untuk melakukan reset Password / PIN MobilePanin dan InternetPanin

Apakah dapat membuka blokir kartu DebitPanin melalui CallPanin?

Ya, nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) untuk membuka blokir kartu DebitPanin

Apakah dapat melakukan blokir kartu DebitPanin / kartu kredit Panin / MobilePanin / InternetPanin / e-cashPanin melalui CallPanin?

Ya, nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) untuk membuka blokir kartu DebitPanin / kartu kredit Panin / MobilePanin / InternetPanin / e-cashPanin

Apakah layanan CallPanin 24 Jam?

Ya, nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) selama 24 jam

Berapakah nomor telepon Call Centre Panin Bank?

Nomor telepon CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD)

Apa itu MobilePanin?

MobilePanin adalah aplikasi mobile banking PaninBank dengan teknologi yang telah ditingkatkan untuk memberikan keamanan, kenyaman, dan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan kapanpun dan dimanapun nasabah berada.

Siapa saja yang dapat menggunakan MobilePanin?

Seluruh nasabah PaninBank yang memiliki rekening tabungan maupun giro dan memiliki kartu DebitPanin.

Bagaimana cara untuk mendapatkan aplikasi MobilePanin?

Nasabah dapat mengunduh aplikasi MobilePanin pada Play Store untuk Android (minimum versi 4.0.4) dan App Store untuk iPhone (minimum versi 11).

Dimana saja registrasi MobilePanin dapat dilakukan?

Nasabah dapat melakukan registrasi MobilePanin melalui ATMPanin, InternetPanin, atau datang ke Cabang PaninBank terdekat.

Apa yang dilakukan bila pada transaksi yang dilakukan terjadi masalah, misalnya rekening terdebet namun uang yang ditransfer tidak masuk atau pembelian pulsa tidak bertambah?

Nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) atau datang ke Cabang PaninBank terdekat.

Bagaimana cara untuk menghindarkan terjadinya transaksi transfer, pembelian atau payment yang tidak benar atau salah bayar?

Biasakan untuk memeriksa kembali dan memastikan semua data yang ditampilkan sistem pada saat konfirmasi sudah sesuai dengan transaksi yang diinginkan.

Apa kiat agar transaksi pembayaran tagihan bisa berjalan lebih lancar?

Dalam melakukan pembayaran tagihan sebaiknya dilakukan tidak pada hari hari terakhir batas waktu pembayaran (due date). Karena pada periode ini transaksi sangat tinggi.

Apa yang dapat dilakukan jika nasabah lupa PIN log in atau PIN transaksi MobilePanin?

Nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) untuk melakukan reset PIN log ini / PIN transaksi MobilePanin.

Apakah nasabah dapat melakukan blokir MobilePanin tanpa harus datang ke Cabang?

Ya, nasabah dapat melakukan blokir MobilePanin dengan menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD).

Apa saja fitur atau layanan MobilePanin saat ini?

Saat ini di MobilePanin sudah tersedia lebih dari 100 fitur/layanan, seperti:

  • Informasi Rekening Tabungan, Giro, Kartu Kredit, Pinjaman.
  • Transfer Antar Rekening PaninBank, antar rekening bank lain, BI Fast, SKN dan RTGS.
  • Transfer Internasional.
  • Pembayaran Tagihan Rutin (Listrik, Telepon / HP, Kartu Kredit, PAM, Pajak, Asuransi, Angsuran / Pinjaman, TV Kabel, Internet, Tiket Pesawat, Top Up Uang Elektronik, dll.).
  • Pembelian Voucher Handphone (Telkomsel (Simpati / Kartu As, XL / Axis, Indosat Ooredoo, SmartFren, 3).
  • Mutasi rekening / riwayat transaksi 3 bulan terakhir.
  • Kurs mata uang, lokasi ATM dan cabang, suku bunga.
  • Pengaturan peringatan / notifikasi transaksi.
  • Transaksi terjadwal.

Kemana nasabah dapat menghubungi PaninBank jika ada keluhan atau masalah terkait MobilePanin?

Nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) atau Cabang PaninBank terdekat.

Apakah itu Internet Panin?

Internet Panin merupakan layanan perbankan elektronik melalui internet yang dapat diakses hanya dengan klik InternetPanin

Siapa saja yang dapat menggunakan InternetPanin?

Seluruh nasabah PaninBank yang memiliki rekening tabungan maupun giro dan kartu DebitPanin.

Bagaimana cara untuk dapat mengakses InternetPanin?

Nasabah dapat mengakses InternetPanin di www.panin.co.id dengan minimum browser yang harus dipenuhi yaitu Internet Explorer 9, Mozilla Firefox 23, Chrome 29 dan Safari 5.

Dimana Nasabah dapat melakukan registrasi InternetPanin?

Nasabah dapat melakukan registrasi InternetPanin melalui ATMPanin atau datang ke Cabang PaninBank terdekat.

Apakah token InternetPanin dapat dikirimkan ke alamat Nasabah?

Tidak, Nasabah harus datang ke cabang PaninBank saat pembukaan rekening untuk pengambilan token serta melakukan aktifasi token InternetPanin.

Apakah Nasabah dikenakan biaya apabila token InternetPanin hilang atau habis baterai?

Token InternetPanin yang hilang atau habis baterai akan dikenakan biaya penggantian token InternetPanin sebesar Rp50.000,-

Apakah Nasabah dapat melakukan lupa PIN atau reset PIN token InternetPanin tanpa harus datang ke Cabang?

Nasabah hanya bisa melakukan reset PIN token InternetPanin dengan menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD).

Apa yang dapat dilakukan Nasabah jika transaksi mengalami kendala seperti rekening terdebet namun uang yang ditransfer tidak masuk atau pembelian pulsa tidak bertambah?

Nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) atau datang ke Cabang PaninBank terdekat.

Bagaimana cara Nasabah menghindari kendala kekeliruan seperti transaksi transfer, pembelian atau pembayaran yang tidak benar atau salah bayar?

Biasakan untuk memeriksa kembali dan memastikan semua data yang ditampilkan pada sistem saat konfirmasi sudah sesuai dengan transaksi yang diinginkan.

Apa kiat agar transaksi pembayaran tagihan bisa berjalan lebih lancar?

Dalam melakukan pembayaran tagihan sebaiknya dilakukan tidak pada hari hari terakhir batas waktu pembayaran (due date). Karena pada periode ini transaksi sangat tinggi.

Bagaimana jika Nasabah lupa Password Login InternetPanin?

Nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) untuk melakukan reset Password login InternetPanin.

Apakah Nasabah dapat melakukan blokir InternetPanin tanpa harus datang ke Cabang?

Ya, nasabah dapat melakukan blokir InternetPanin dengan menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD).

Apa saja fitur/layanan InternetPanin saat ini?

Saat ini di InternetPanin sudah menyediakan lebih dari 100 fitur/layanan, seperti:

  • Informasi Rekening Tabungan, Giro, Kartu Kredit, Pinjaman
  • Transfer Antar Rekening Panin Bank, antar rekening bank lain, BI Fast, SKN dan RTGS
  • Transfer Internasional
  • Pembayaran Tagihan Rutin (Listrik, Telepon / HP, Kartu Kredit, PAM, Pajak, Asuransi, Angsuran / Pinjaman, TV Kabel, Internet, Tiket Pesawat, Top Up Uang Elektronik, dll)
  • Pembelian Voucher Handphone (Telkomsel (Simpati / Kartu As, XL / Axis, Indosat Ooredoo, SmartFren, 3)
  • Mutasi rekening / riwayat transaksi 3 bulan terakhir
  • Pengajuan kredit KPM dan KPR
  • Kurs mata uang
  • Pengaturan peringatan / notifikasi transaksi
  • Transaksi terjadwal

Apakah InternetPanin dapat diakses di luar negeri?

Ya, Nasabah tetap dapat mengakses layanan dan fitur InternetPanin di luar negeri sepanjang Nasabah dapat mengakses jaringan internet.

Apa fungsi dari Challenge Question pada InternetPanin?

Challenge Question pada InternetPanin akan berfungsi apabila Nasabah PaninBank mengakses InternetPanin di luar negeri.

Apa yang dapat dilakukan Nasabah apabila ada keluhan atau masalah terkait InternetPanin?

Nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) atau ke Cabang PaninBank terdekat.

Jika ada nasabah bukan nasabah PaninBank, apakah nasabah tersebut bisa menikmati layanan e-cashPanin?

Setiap individu yang memiliki smartphone dan kartu SIM yang aktif dapat menjadi pengguna e-cashPanin.

Apa yang dimaksud dengan e-cashPanin?

e-cashPanin adalah uang elektronik berbasis server yang dapat diakses langsung melalui smart phone dan memungkinkan penggunanya melakukan transaksi perbankan seperti beli pulsa, transfer dan tarik tunai tanpa kartu ATM.

Apa saja fitur e-cashPanin?

Fitur e-cashPanin yang dapat dinikmati oleh pengguna antara lain:

  • Informasi saldo dan histori transaksi.
  • Isi ulang saldo dari e-channel PaninBank dan transfer ATM bersama.
  • Transfer ke nomor e-cash lainnya.
  • Transfer ke rekening tabungan PaninBank maupun Bank Lain.
  • Tarik Tunai di ATM PaninBank tanpa menggunakan kartu ATM.
  • Bayar tagihan atau beli.

Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari e-cashPanin?

Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh pengguna e-cashPanin yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai pengganti uang tunai
  • Dapat digunakan di smartphone IOS dan Android
  • Kemudahan pendaftaran tanpa harus datang ke kantor atau cabang PaninBank

Apakah layanan e-cashPanin aman?

Layanan ini sangat aman, karena setiap melakukan pendaftaran di e-cashPanin para pengguna diharuskan membuat pertanyaan rahasia dan PIN, serta setiap transaksi hanya bisa dijalankan jika pengguna sudah memasukkan PIN yang sesuai.

Bagaimana cara mendapatkan layanan e-cashPanin?

Bagi pengguna smartphone, e-cashPanin dapat diakses dengan download aplikasi di App Store dan Play Store. Setelah itu, pengguna dapat melakukan pendaftaran e-cashPanin terlebih dahulu dengan melakukan pengisian data, yaitu:

  • Nama
  • Alamat email
  • Tanggal Lahir
  • Referral code (optional)
  • Pertanyaan rahasia dan jawabannya
  • PIN

​​​​​​​Pengguna yang telah melakukan pendaftaran, akan terdaftar sebagai pengguna Unregistered. Untuk dapat menjadi pengguna Registered, pengguna harus melakukan upgrade layanan e-cashPanin terlebih dahulu.

Apa yang dimaksud dengan pengguna Unregistered dan pengguna Registered?

​​​​​​Pengguna Unregistered adalah pengguna e-cashPanin yang baru melakukan pendaftaran dengan menggunakan data singkat berupa nama, tanggal lahir, dan email. Sedangkan pemegang Registered adalah pemegang e-cashPanin yang telah melakukan upgrade layanan e-cashPanin.

Berikut di bawah ini perbedaan antara pengguna unregistered dan pengguna registered:

FiturUnregisteredRegistered
Cek saldo atau mutasi
Tarik tunai tanpa kartu-
Transfer 
Sesama e-cash-
ke Bank lain-
Pembayaran 
Kartu kredit
Clipan Finance
Virtual account
BPJS Kesehatan
Pembelian 
Pulsa isi ulang
Paket data
Top up GoPay-

 

TransaksiUnregisteredRegistered
Top Up saldo maksimum per bulanRp2.000.000,-Rp20.000.000,-
In Coming Transaksi per bulanRp20.000.000,-Rp40.000.000,-

 

Bagaimana caranya menjadi pemegang e-cashPanin registered?

Pengguna unregistered yang telah melakukan pendaftaran e-cashPanin dapat menjadi pengguna registered dengan melakukan upgrade layanan. Upgrade layanan dapat dilakukan melalui aplikasi e-cashPanin dan Cabang PaninBank bagi yang tidak memiliki rekening PaninBank.

Bagaimana cara melakukan tarik tunai di mesin ATM Panin dengan e-cashPanin?

  • Pastikan Anda telah melakukan upgrade layanan e-cashPanin menjadi Pengguna Registered dan menggunakan fasilitas mesin ATM Panin.
  • Pada aplikasi e-cashPanin di perangkat Anda, pilih menu Tarik Tunai.
  • Isi nominal yang diinginkan, kemudian buat passcode dan masukkan PIN Anda. Anda akan menerima SMS atau pesan dari PaninBank yang berisi kode OTP.
  • Lalu ketika Anda sudah di mesin ATM, pilih menu Tarik Tunai e-cashPanin pada layar ATM.
  • Saat muncul permintaan isi passcode, masukkan nomor passcode Anda yang ter-register dengan e-cashPanin. Jika sudah benar, pilih “Benar”.
  • Masukkan kode OTP dari sms yang masuk ke perangkat Anda, pilih “Benar”.
  • Tunggu uang keluar dari mesin ATM.

Apakah nomor telepon seluler yang sama bisa didaftarkan berulang kali?

Satu nomor telepon seluler hanya bisa didaftarkan sekali saja.

Apakah nasabah bisa memiliki lebih dari satu rekening e-cashPanin?

Bisa, namun harus dengan nomor telepon seluler yang berbeda.

Apakah nasabah dapat melakukan akses layanan e-cashPanin di luar negeri?

Pengguna dapat melakukan akses layanan e-cashPanin di luar negeri sepanjang pengguna selalu terhubung dalam jaringan internet (untuk pengguna smartphone).

Apakah ada batasan saldo minimum pada rekening e-cashPanin?

Tidak ada batasan saldo minimum untuk pengguna e-cashPanin.

Apakah e-cashPanin dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening tabungan regular?

Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, rekening e-cashPanin tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak dikenakan bunga.

Berapa batasan transaksi dari e-cashPanin?

Batas nilai transaksi dari e-cashPanin adalah maksimal Rp40 juta per bulan. Pembatasan nilai transaksi tersebut diperhitungkan dari transaksi yang bersifat incoming antara lain: transfer masuk, isi ulang (top up), dan atau transaksi lainnya.

Jika sudah mencapai batas nilai transaksi tersebut, maka nasabah tidak dapat menerima atau melakukan transaksi incoming lagi di bulan yang sama. Nasabah harus menunggu di bulan berikutnya untuk menerima atau melakukan transaksi incoming.

Bagaimana nasabah terinformasi apakah transaksi nasabah berhasil atau tidak?

Apabila transaksi telah dilakukan, akan ada SMS notifikasi yang menginformasikan apakah suatu transaksi berhasil/tidak.

Jika nasabah melakukan transfer uang, berapa lama durasi transfer uang yang akan diterima oleh penerima?

Sesaat setelah proses transfer dilakukan dan akan ada SMS notifikasi transfer.

Bagaimana cara transfer ke sesama pengguna e-cashPanin?

  1. Pastikan anda telah melakukan upgrade layanan e-cashPanin menjadi Pengguna Registered.
  2. Klik pilihan Transfer sesama e-cash pada bagian Menu.
  3. Lengkapi detil transaksi sesuai prosedur, klik Lanjut, tunggu hingga anda mendapatkan bukti transaksi.

Apabila nasabah mengalami kendala atau memiliki pertanyaan seputar e-cashPanin, dari mana nasabah bisa mendapatkan informasi?

Anda bisa menyampaikan pertanyaan atau kendala yang Anda alami dengan cara mengirim email ke ncc.ecash@panin.co.id, atau menghubungi CallPanin 1500678, maupun datang ke kantor cabang PaninBank terdekat.

Apa yang harus dilakukan pengguna e-cashPanin jika sudah mengikuti petunjuk melakukan transaksi ternyata SMS konfirmasi tidak diterima?

Pemegang diminta cek saldo atau melakukan mutasi rekening. Apabila ternyata jumlah saldo tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silakan mencoba lagi untuk bertransaksi. Namun, jika saldo sudah berkurang namun transaksi tidak berhasil dilakukan, silakan hubungi callPanin 1500678 maupun melalui cabang PaninBank.

Apa saja kendala SMS konfirmasi transaksi mengalami keterlambatan atau tidak terkirim ke telepon seluler pengguna e-cashPanin?

Penyebabnya antara lain SMS-Center operator sibuk/antri, telepon seluler mati, pulsa telepon seluler tidak memadai, gangguan jaringan telepon seluler maupun penyebab lainnya.

Bagaimana jika nasabah lupa PIN?

Jika pengguna lupa PIN, pengguna dapat melakukan reset PIN melalui aplikasi e-cashPanin dengan memasukkan verifikasi data berupa pertanyaan rahasia dan jawabannya.

Bagaimana jika pengguna e-cashPanin lupa terkait pertanyaan kalimat rahasia?

Jika pengguna lupa akan pertanyaan rahasia yang telah dibuat, pengguna dapat menghubungi callPanin 1500678 untuk melakukan re-issue PIN melalui proses verifikasi data. Setelah pengguna mendapatkan sms PIN temporary, pengguna dapat menggunakan PIN tersebut untuk login ke e-cashPanin. Jika PIN yang diinput berhasil divalidasi, maka langkah selanjutnya adalah pengguna akan diminta untuk membuat PIN, verifikasi PIN dan pertanyaan kalimat rahasia yang baru.

Bagaimana jika SIM Card dan/atau telepon seluler pengguna hilang atau dicuri?

Pengguna dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan tersebut ke provider telepon dan callPanin 1500678 untuk tindak lanjut proses penyelesaiannya. Apabila pengguna ingin mengajukan permintaan pembukaan blokir, maka pengguna dapat menghubungi callPanin 1500678.

Apakah pengguna akan kehilangan uang di rekening e-cashPanin jika SIM Card/telepon seluler pengguna hilang atau dicuri?

Tidak, uang Anda tetap aman di rekening e-cashPanin, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui PIN dan kalimat pertanyaan rahasia Anda.

Apa yang harus pengguna lakukan untuk mendapatkan kembali saldo pada rekening e-cashPanin pengguna jika SIM Card atau telepon seluler hilang atau dicuri?

Anda dapat mengajukan recycle kartu ke provider dengan nomor telepon seluler yang sama. Sistem e-cashPanin akan melakukan validasi nomor handphone untuk dapat menggunakan kembali e-cashPanin Anda.

Bagaimana Anda sebagai pengguna dapat menghindari penipuan dalam bertransaksi?

Anda dapat melakukan antisipasi dengan menghindari beberapa hal yang mencurigakan seperti di bawah ini, yaitu:

  • Tidak menerima ajakan orang yang tidak dikenal untuk ke mesin ATM.
  • Waspada terhadap percakapan telepon dari orang yang tidak dikenal dan meminta data pribadi Anda termasuk foto terkait informasi nominal saldo terakhir Anda.
  • Tidak memberitahukan kode OTP yang Anda terima lewat SMS.
  • Anda juga diharapkan untuk memeriksa kembali catatan transaksi Anda, ketika ada laporan pengiriman uang dari pengguna lain.

Apakah yang harus dilakukan jika kartu DebitPanin hilang?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memblokir kartu yang hilang melalui CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD).

Bagaimana cara memblokir kartu hilang?

  • Hubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD)
  • Petugas CallPanin akan melakukan verifikasi data
  • Petugas CallPanin akan melakukan blokir pada kartu

Bagaimana cara melakukan penggantian kartu hilang?

  • Nasabah datang ke Cabang PaninBank terdekat
  • Siapkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian, KTP, dan Buku Tabungan.
  • Nasabah mengisi formulir permintaan penggantian kartu
  • Petugas PaninBank melakukan proses penggantian Kartu Debit.

Berapa biaya penggantian Kartu DebitPanin yang hilang?

Biaya untuk penggantian kartu karena kartu hilang adalah sebesar Rp15.000,- (Lima belas ribu rupiah)

Apakah yang harus dilakukan jika Kartu DebitPanin terblokir?

Nasabah hanya melakukan permintaan pembukaan blokir Kartu DebitPanin melalui CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD).

Apakah yang harus dilakukan jika Kartu DebitPanin tertelan di ATM?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memblokir kartu yang tertelan di ATM melalui CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD).

Apakah akan dikenakan biaya penggantian kartu yang tertelan di ATM?

Ya, nasabah akan dikenakan biaya penggantian kartu sebesar Rp15.000,- (Lima belas ribu rupiah)

Apakah yang harus dilakukan jika lupa PIN ATM Kartu DebitPanin?

Nasabah dapat menghubungi CallPanin 1500678 (PSTN) atau +6221 251 5555 (IDD) dan melakukan pengecekan apakah Kartu DebitPanin telah terblokir karena lupa PIN.

Bagaimana cara membuka blokir Kartu DebitPanin karena kesalahan PIN 3 kali bila nasabah masih ingat 6 digit PIN Kartu DebitPaninnya?

Nasabah dapat menghubungi CallPanin untuk melakukan pembukaan blokir PIN Kartu DebitPanin dan me-reset PIN Kartu DebitPanin.

Apakah Kartu DebitPanin dapat digunakan transaksi di luar negeri?

Ya, nasabah dapat menggunakan Kartu DebitPanin berlogo Mastercard diseluruh dunia untuk melakukan transaksi tarik tunai pada mesin ATM dan pembayaran di merchant pada mesin edc yang tergabung dengan jaringan Mastercard.

Apakah Kartu DebitPanin berlogo GPN dapat digunakan bertransaksi di luar negeri?

Tidak. Kartu DebitPanin berlogo GPN hanya dapat dilakukan untuk transaksi di wilayah Indonesia.

Apakah Kartu DebitPanin berlogo GPN dapat digunakan untuk pembayaran belanja di merchant?

Ya, Kartu DebitPanin berlogo GPN dapat digunakan untuk pembayaran belanja pada mesin edc di merchant wilayah Indonesia.

Apakah Kartu DebitPanin dapat digunakan di ATM bank lain?

Ya, Kartu DebitPanin berlogo GPN dan berlogo Mastercard dapat digunakan di seluruh ATM bank lain yang tergabung dengan jaringan ATM Bersama, Prima, ALTO dan Masctercard atau CIRRUS.

Apakah yang dimaksud dengan QRIS?

QRIS adalah Kode QR Panin Bank yang memungkinkan Merchant/Penjual dapat menerima transaksi pembayaran dari seluruh uang/dompet elektronik yang telah terdaftar di Bank Indonesia. Dengan adanya standardisasi kode QR Panin Bank tersebut, maka satu kode QR dapat digunakan oleh berbagai aplikasi penyedia pembayaran kode QR yang telah terdaftar di Bank Indonesia.

Berdasarkan “Mekanisme Penggunaan”, terdapat satu metode dalam penggunaan QRIS:

Merchant Presented Mode (MPM)

Dengan metode ini, maka kode QRIS akan disediakan dan ditampilkan oleh pihak Merchant untuk kemudian kode QR tersebut dipindai (scan) oleh pengguna. Jadi, ketika hendak menyelesaikan transaksi di merchant tertentu, pengguna akan diberikan QRIS oleh kasir dan memindai QRIS tersbeut dengan menggunakan ponsel masing-masing.

Metode MPM terdiri dari 2 media display yaitu:

a. Statis

  • QR Code ditampilkan melalui stiker atau hasil cetak lain
  • QR Code yang sama digunakan untuk setiap transaksi pembayaran
  • QR Code belum mengandung nominal pembayaran yang harus dibayar, sehingga memerlukan input jumlah nominal pembayaran dari pengguna

b. Dinamis

  • QR Code ditampilkan melalui struk yang dicetak mesin EDC/ditampilkan pada layar monitor
  • QR Code yang berbeda dicetak untuk setiap transaksi pembayaran
  • QR Code telah mengandung nominal pembayaran yang akan dibayar, sehingga pengguna tidak perlu melakukan input jumlah nominal pembayaran

Berapa limit transaksi yang dapat dibayarkan pada QRIS menggunakan fitur QR Payment e-cashPanin?

Limit transaksi QR payment adalah Rp10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah)

 

Dimana nasabah dapat bertransaksi QRIS?

Nasabah dapat melakukan transaksi QRIS di seluruh merchant yang telah memiliki kode QR berstandar QRIS baik berupa QRIS statis maupun dinamis.

Apa penyebab umum transaksi QRIS gagal?

  • Kode QR tidak berstandar QRIS
  • Kode QR merchant sudah expired

Apa penyebab umum transaksi gagal namun saldo terpotong?

Umumnya penyebab kejadian tersebut akibat time out di sisi switcher atau time out di sisi biller sehingga transaksi tertunda. Apabila mengalami kejadian tersebut, dapat menghubungi masing-masing aplikasi yang digunakan saat bertransaksi QRIS. Apabila terjadi gagal transaksi QRIS menggunakan e-cashPanin, maka dapat menghubungi CallPanin 1500 678 (PSTN)/datang ke cabang Panin terdekat.

Apakah transaksi QRIS melalui e-cashPanin dikenakan biaya?

Transaksi QRIS melalui e-cashPanin tidak dikenakan biaya, namun nasabah bisa memberikan tip.

Bagaimana cara mendapatkan layanan QRIS melalui e-cashPanin?

Informasi tersebut dapat dilihat lebih lengkap pada halaman ini

 

Bagaimana mengetahui info lanjut tentang QRIS?

Bagi nasabah PaninBank info lebih lanjut dapat menghubungi CallPanin 1500 678 (PSTN)

Panin Super Giro
Panin Super Giro
Tabanas Payroll

Apa saja benefit Panin Super Giro?

Benefit Panin Super Giro dapat dilihat di sini

Apa saja persyaratan pembukaan rekening Panin Super Giro?

Persyaratan pembukaan rekening Panin Super Giro dapat dilihat di sini.

Berapa jasa giro Panin Super Giro?

Jasa Giro Panin Super Giro dapat dilihat di sini.

Berapa biaya administrasi Panin Super Giro?

Biaya administrasi Panin Super Giro dapat dilihat di sini

Berapa setoran awal Panin Super Giro?

Setoran awal Panin Super Giro dapat dilihat di sini

Berapa minimum setoran awal untuk pembukaan rekening Tabanas Payroll?

Setoran awal untuk membuka rekening Tabanas Payroll dapat dilihat di sini

Berapa biaya administrasi untuk Tabanas Payroll?

Tabungan Payroll gratis biaya administrasi.

Pengaduan Nasabah
Pengaduan Nasabah

Bagaimana cara menyampaikan pengaduan?

Pengaduan dapat disampaikan melalui:

Dokumen apa yang harus saya siapkan untuk menyampaikan pengaduan?

  • Identitas diri (KTP/Paspor)
  • Nomor telepon pelapor / nasabah
  • Kronologis pengaduan
  • Fotokopi dokumen pendukung, antara lain dapat berupa bukti setoran/penarikan, bukti transfer,
  • Rekening Koran, bukti transaksi dan/atau dokumen pendukung lainnya yang terkait dengan pengaduan yang disampaikan.
  • Apabila penyampaian pengaduan dilakukan oleh Perwakilan Nasabah, maka harus dilengkapi dengan dokumen tambahan sebagai berikut:
    • Fotokopi bukti identitas Perwakilan Nasabah
    • Surat Kuasa khusus dari Nasabah kepada Perwakilan Nasabah yang menyatakan bahwa Nasabah memberikan kewenangan kepada kuasa yang ditunjuk (Perorangan, Lembaga, atau Badan Hukum) untuk mewakilinya dan bertindak atas nama Nasabah).
  • Jika Perwakilan Nasabah berupa lembaga dan/atau badan hukum, maka Perwakilan Nasabah tersebut harus menyertakan dokumen yang menyatakan kewenangannya.
  • Pengaduan melalui Call Panin 1500678 harus diajukan sendiri oleh nasabah yang bersangkutan (tidak diperkenankan melalui perwakilan nasabah).
  • Bank akan melakukan verifikasi keabsahan nasabah yang menyampaikan pengaduan.

Apa yang dilakukan Bank setelah menerima pengaduan?

  • Menerima pengaduan yang disampaikan nasabah.
  • Petugas Bank akan melakukan verifikasi data nasabah.
  • Petugas Bank akan melakukan pencatatan pengaduan.
  • Nasabah akan mendapatkan nomor registrasi pengaduan.
  • Bank akan menindaklanjuti sesuai jangka waktu yang diperlukan sesuai dengan jenis pengaduan.
  • Bank akan menginformasikan penyelesaian pengaduan kepada nasabah

Saya tidak puas dengan tanggapan yang diberikan oleh Bank, apa yang dapat saya lakukan?

Jika Nasabah tidak sepakat dengan penyelesaian yang diberikan oleh Bank, maka nasabah dapat menyampaikan keberatannya atas hasil penyelesaian tersebut secara tertulis kepada Bank. Sesuai dengan Peraturan OJK, nasabah yang tidak puas dengan penyelesaian pengaduan dapat menyampaikan kepada OJK, melalui :

  • Surat tertulis kepada: Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Menara Radius Prawiro Lantai 2. Komplek Perkantoran Bank Indonesia Jl. M.H. Thamrin No. 2 Jakarta
  • Hubungi layanan OJK di : 157
  • Email ke: konsumen@ojk.go.id
  • Online di: sikapiuangmu.ojk.go.id
  • Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen APPK - OJK

Khusus untuk pengaduan ketidakpuasan dalam penyelesaian pengaduan yang terkait dengan sistem pembayaran

  • Kegiatan transfer dana Kegiatan
  • Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK)
  • Kegiatan Uang Elektronik
  • Kegiatan penyediaan dan/atau penyetoran Uang Rupiah

Dapat disampaikan kepada Bank Indonesia melalui saluran-saluran berikut ini :

  • Surat tertulis
    kepada : Dept. Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen
    Jl. MH. Thamrin No. 2 Gedung Tipikal Lt. 14 Jakarta 10350
  • Hubungi layanan BI : 1500 131
  • Email ke : bicara@bi.go.id